Saat ini, kuliner pedas tengah digemari oleh beragam kalangan masyarakat di Indonesia. Rasa pedas yang ‘nagih’ membuat orang berbondong-bondong untuk mencari masakan pedas dengan cita rasa yang nikmat. Namun, tak hanya di Indonesia, ternyata kuliner pedas juga banyak digemari di berbagai negara lain, salah satunya adalah China. Negara asal panda ini memiliki beberapa menu pedas yang wajib Anda cicipi apabila bertandang ke sana, berikut ulasannya:

1. Mapo Tofu

Makanan berbahan dasar tofu ini diracik dengan saus cabai pedas, bumbu yang mirip seperti tauco, dan dilengkapi dengan daging babi cincang. Rasa pedas dari makanan ini didapatkan dari lada Sichuan yang terkenal pedas. Makanan ini telah menjadi ikon kuliner di wilayah Sichuan dan Chongqing.

2. Tao Chicken

Tao chicken merupakan salah satu makanan yang telah mendunia dan banyak ditemui di restoran yang menyajikan hidangan China. Rasa ayam yang manis dan pedas, cocok dinikmati dengan semangkuk nasi hangat. Rasa pedas tersebut berasal dari lada hitam yang memiliki rasa lebih pedas dari lada biasa.

3. Terong Tumis Bawang

Meski tidak sepopuler Chinese food lainnya, terong tumis bawang ini cukup digemari oleh orang China. Makanan ini biasanya disajikan sebagai hidangan pendamping dan ditumis menggunakan bawang putih, jahe, bawang bombay, dan cabai merah yang telah ditumbuk kasar sebelumnya.

4. Mie Dandan

Mie dandan adalah salah satu sajian mie autentik dari China, yang dibuat menggunakan pasta chilli black bean, daging babi cincang, bawang putih cincang, dan gerusan kacang tanah. Dilengkapi dengan taburan daung bawang serta daun ketumbar. Rasa pedas yang menggigit dari makanan ini menjadi menu wajib untuk disajikan di seluruh restoran Sichuan di China.

5. Char Siu

Char siu merupakan hidangan barbeque tradisional khas Sichuan yang menggunakan daging babi. Biasanya, daging babi tersebut diiris tipis setelah terpanggang sempurna. Sementara rasa pedas makanan ini diperoleh dari proses marinasi, daging yang dibubuhi bubuk cabai khas Sichuan, saus Sriracha, dan saus hot pepper.

6. Suan La Fen

Suan La Fen adalah jenis mie yang dijual dengan harga murah dan disukai di seluruh China. Terbuat dari mie berbahan tepung ubi dan dimasak dalam kuah dari kedelai, pasta cabe, cuka dan minyak cabai. Sehingga mie tersebut disebut juga mie pedas dan asam. Suan La Fen dapat ditemui di pedagang kaki lima China.

7. Kou Shui Ji

Sajian yang dalam terjemahan bahasa Inggris berarti "saliva chicken" merupakan olahan ayam rebus yang dimarinasi dalam saus minyak wijen dan cabe. Terdapat sepuluh jenis rempah dan saus yang digunakan sehingga membuat pedasnya sangat ‘nagih’. Kou shui ji tersedia hampir di seluruh restoran Sichuan.

8. Suan Tang Yu

Salah satu sup favorit di provinsi Guizho ini, menggunakan bahan dasar ikan yang disajikan dengan kuah pedas asam. Ikan yang digunakan merupakan ikan jenis air tawar. Sementara kuahnya terdiri dari kaldu ikan, tomat, cabai merah Guizho, minyak cabai, bawang putih, dan daun bawang. Hampir seluruh restoran yang berada di kota besar di China, menyajikan sup ikan ini di menu mereka.

9. Tumis sapi pedas Provinsi Hunan, asal makanan tumis sapi pedas ini, merupakan pemasok daging sapi terbesar kedua di negeri China. Sehingga tidak heran makanan ini berbahan dasar daging sapi yang berkualitas. Dalam pengolahannya, daging sapi tumis dicampur dengan bumbu cabe segar dan cabe goreng sehingga menghasilkan cita rasa pedas yang menggigit.

10. Hotpot Chongqing

Hotpot asal wilayah Chongqing adalah salah satu hotpot yang terkenal di negara China. Makanan ini menggunakan lapisan lemak sapi dalam kuahnya yang membedakan dengan hotpot lainnya. Terbuat dari daging, sayuran, mie, dan tofu, dilengkapi dengan dua puluh jenis rempah serta cabe merah utuh yang membuat kuah terasa semakin pedas dan nikmat.

Berikut merupakan beberapa makanan pedas dari China yang wajib Anda cicipi apabila bertandang ke negeri Tirai Bambu tersebut. Semoga dapat menambah wawasan Anda.



Sumber: https://food.detik.com