Siapa sih yang gak tau Taiwan? Negara yang khas dengan kuliner, budaya, bahasa, dan pendidikannya ini memikat banyak pelajar internasional untuk menempuh pendidikan disana. Artikel kali ini akan membahas beasiswa kuliah di Taiwan.

Selain produk-produk teknologi informasi, pendidikan tinggi di Taiwan juga telah sangat maju: terdapat 163 institusi pendidikan tinggi di Taiwan dengan penekanan yang berbeda dalam penelitian akademis, pengajaran, dan pendidikan teknik. Taiwan adalah negara yang aman, kaya dalam budaya, dan universitas yang kuat dalam penelitian serta berkomitmen dalam pengajaran.

Menteri Pendidikan Taiwan menawarkan Program Beasiswa Taiwan untuk anak Indonesia setiap tahunnya. Tujuan dari program beasiswa ini adalah untuk mendorong mahasiswa berprestasi untuk meneruskan jenjang pendidikan mulai dari pendidikan pra-sarjana sampai pasca-sarjana di Taiwan. Selain itu, Menteri Pendidikan Taiwan juga bermaksud untuk memberikan kesempatan bagi pelajar internasional untuk beradaptasi dengan lingkungan pendidikan di Taiwan dan menjalin komunikasi, pemahaman, dan hubungan yang baik antara Taiwan dan negara lainnya.

Keuntungan Kuliah di Taiwan

  1. Pendidikan berkualitas dunia. WEF (World Economy Forum) global competitiveness melaporkan peringkat pendidikan tinggi Taiwan dan sektor pelatihan yang memiliki peringkat tinggi. Dengan kualitas dan daya saing dunia, namun biaya pendidikan dan biaya hidup di Taiwan sangat wajar dan terjangkau. Kaya dalam budaya dan orang-orang yang ramah.
  2. Pengembangan multikultural telah menjadi ciri utama dari masyarakat Taiwan, dan merupakan titik fokus untuk budaya daerah dan kegiatan bisnis global.
  3. Industri yang sangat berkembang
  4. Lingkungan yang berbahasa inggris
  5. Pintu gerbang Asia Pasifik. Taiwan adalah titik sentral dari asia pasifik dan pintu gerbang ke asia timur dan terutama ke wilayah Cina yang lebih besar. Taiwan banyak diakses dari Negara-negara asia pasifik dan industri transportasi untuk mencapai ke seluruh dunia. Hal ini membuat Taiwan tempat yang bagus untuk memulai studi yang lebih tinggi dan karir.
  6. Pendidikan internasional di Taiwan. Jumlah mahasiswa internasional di Taiwan telah meningkat dengan upaya-upaya internasionalisasi institusi pendidikan tinggi dari 1.283 mahasiswa pada tahun 2003 menjadi 8.801 mahasiswa pada tahun 2010, sebagian besar belajar di engineering, teknologi dan manajemen bisnis. Para siswa internasional dari 169 negara di seluruh dunia dengan sekitar 62% dari Asia. 5 negara dengan jumlah mahasiswa terbanyak adalah Vietnam (1826), Malaysia (1589), Indonesia (740), korea selatan (441), dan perancis (416).

Program Beasiswa Taiwan

Jumlah beasiswa yang ditawarkan cukup besar, meliputi:

  • Tunjangan hidup sebesar NTD 15,000 atau setara dengan 6 juta rupiah untuk S1 dan NTD 20,000 atau setara dengan 8 juta rupiah untuk S2 dan S3
  • Biaya kuliah dan akademik sebesar NTD 40,000/semester (16 juta rupiah per semester). Apabila total biaya yang dibutuhkan melebihi jumlah tersebut, maka selisih biaya ditanggung oleh penerima beasiswa atau universitas tujuan.

Sayangnya, penerima beasiswa diharuskan untuk membayar biaya administrasi universitas, biaya asuransi, biaya akomodasi, dan biaya internet. Beasiswa ini berlaku maksimum 4 tahun untuk S1, 2 tahun untuk S2, dan 4 tahun untuk S3, dan 5 tahun untuk program kombinasi.

Syarat Pendaftaran

  • Pendaftar berwarganegara asing. Bukan warganegara China atau bukan merupakan pelajar China yang melanjutkan studi di luar negeri
  • Lulus SMA atau diploma atau sarjana atau sederajat
  • Catatan akademis yang baik

- IPK minimal 3.0 (skala 4) bagi pendaftar yang ingin melanjutkan S1

- IPK minimal 3.5 (skala 4) bagi pendaftar yang ingin melanjutkan S2

  • Moral dan karakter baik

- Interview akan dilakukan secara langsung atau melalui video conference untuk menilai sikap dan moral pendaftar

  • Melengkapi dokumen yang diperlukan, meliputi:

- Formulir aplikasi beasiswa

- Fotokopi akta lahir , passport, dan Kartu Keluarga

- Transkrip nilai dan ijazah. Setelah pengumuman, penerima beasiswa wajib memberikan dokumen dalam bahasa Mandarin atau Inggris yang telah dilegalisir dalam kurun waktu yang ditentukan. Jika kedua dokumen tersebut dikeluarkan oleh negara lain selain Taiwan atau instansi pendidikan Internasional lainnya, maka kedua dokumen tersebut harus dilegalisir terlebih dahulu oleh Kantor Perwakilan Taiwan setempat sebelum diserahkan.

- Fotocopy aplikasi pendaftaran universitas. Dokumen meliputi fotokopi bukti transfer uang pendaftaran, formulir pendaftaran universitas, fotokopi bukti tanda terima aplikasi pendaftaran, email.

- Fotocopy sertifikat kemampuan bahasa. Untuk pendaftar program yang tidak menggunakan Program Bahasa Inggris secara keseluruhan diharuskan melampirkan fotocopy sertifikat “Test of Chinese as a Foreign Language” (TOCFL) minimal dengan level Advanced (Band B). Sertifikat lain selain sertifikat TOCFL tidak memenuhi syarat pendaftaran beasiswa ini. Tes bisa disimak pada link berikut. Untuk pendaftar yang menggunakan Program bahasa Inggris secara keseluruhan diharuskan melampirkan fotocopy sertifikat TOEFL test atau sertifikat test kemampuan bahasa dari Instansi yang sudah diakui secara internasional.

- 2 lembar surat rekomendasi yang diletakkan dalam amplop. Contoh surat rekomendasi dari Kepala Sekolah, Rektor, Dekan, Professor atau supervisor. Surat rekomendasi dalam bentuk email atau fotocopy tidak berlaku.

  • Pilihan akan diberikan pada pendaftar dengan sertifikat TOCFL pada tingkat intermediate/higher level atau skor TOEFL pada level intermediate atau bukti skor minimal 75%.

Anda TIDAK BISA mendaftar program ini jika:

  • Telah terdaftar atau sedang melanjutkan studi di perguruan tinggi/universitas di Taiwan, kecuali untuk pelajar yang sedang menempuh tahun akhir. Mereka bisa mendaftar program ini untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  • Merupakan exchange student yang telah terdaftar di universitas di Taiwan
  • Sedang menempuh studi di Taiwan dan mendaftar program ini untuk jenjang studi yang sama
  • Sudah pernah menjadi penerima beasiswa Taiwan selama 5 tahun
  • Pernah di cabut sebagai penerima beasiswa Taiwan atau MOE Huayu Enrichment
  • Menjadi penerima program beasiswa lain dari Pemerintah Taiwan atau institusi pendidikan lain di Taiwan



Sumber: http://blog.galedu.com/



Artikel Belajar Mandarin Lainnya

Beasiswa Kuliah Ke China
Beasiswa Kuliah Ke China

Beasiswa yang ditawarkan oleh Cenrin ini selama 3 tahun (Bah...

Read More

Fakta yang Perlu Diketahui Sebelum Kuliah ke Cina
Fakta yang Perlu Diketahui Sebelum Kuliah ke Cina

Ada isitlah yang mengatakan “Tuntutlah ilmu sampai ke Negeri...

Read More

Disclaimer
Disclaimer

Semua penjelasan, deskripsi, gambar, dan informasi lainnya p...

Read More

Belajar Percakapan Bahasa Mandarin di Dalam Kelas
Belajar Percakapan Bahasa Mandarin di Dalam Kelas

Cenrin memberikan kemudahan untuk Anda yang ingin belajar Ba...

Read More

Fakta Unik Tradisi dan Budaya China
Fakta Unik Tradisi dan Budaya China

Negara China atau Tionghoa memiliki tradisi dan kebudayaan y...

Read More

Ayo Kursus Bahasa Mandarin!

Central Mandarin Pusat Kursus Bahasa Mandarin Surabaya

Receive our Newsletter

Submit
Send Message

Cenrin 2019