Bisakah saya bekerja di China setelah lulus kuliah?

Di China, mahasiswa internasional tidak boleh untuk bekerja sambil kuliah. Hal ini membatasi kesempatan untuk membangun koneksi. Setelah lulus, mahasiswa internasional dapat mengajukan visa kerja (atau biasa disebut Z visa) yang memerlukan minimal 2 tahun pengalaman kerja. Namun, ada beberapa kasus terdapat pengecualian, misal Skema Teach in China merekrut guru – guru bahasa Inggris ke China untuk mengikuti program 12 bulan.

Seperti apa pasaran kerja di China?

Perekonomia di China sangat baik, bahkan lebih baik dari sebelumnya. Ini berarti tersedia banyak kesempatan bagi para pencari kerja. Namun, persaingan mencari kerja cukup ketat. Jadi ada baiknya mahasiswa internasional mengasah keahlian yang dapat membuat mereka terlihat lebih berbeda dan unggul. Kabar baiknya adalah perusahaan – perusahaan multinasional seperti HSBC, Microsoft, Airbus, dan IBM memiliki kantor – kantor di China dan mencari karyawan dengan latar belakang internasional.

Bidang apa yang menyediakan lebih banyak lowongan kerja?


Selain perusahaan – perusahaan multinasional yang disebutkan di atas, beberapa sektor yang sedang berkembang pesat saat ini adalah produk konsumen, telekomunikasi, tekstil, pertambangan, farmasi, transportasi, dll. Negara tirai bambu ini juga masih kekurangan tenaga kerja dalam bidang teknik, medis, TI, teknologi lingkungan, produksi, dan pariwisata.

Tips:

• Pertama, pelajari kebudayaan bisnis di China sebelum menghadiri wawancara. Bisnis di China sedikit berbeda dengan negara lain. Kesopanan sangat penting dan mempelajari etika bisnin di China untuk menghindari kesalahpahaman.

• Mulai mencari pekerjaan di perusahaan – perusahaan internasional yang memiliki kantor di China.

• Perlancar bahasa Mandarin dengan mengambil kelas kursus. Menguasai bahasa Mandarin dengan baik juga membantu memperoleh kepercayaan dari rekan – rekan di lingkungan kerja dan menunjukkan komitmen terhadap kehidupan dan kebudayaan di China.

• Tepat waktu. Kesan pertama sangat penting di China. Sebaiknya mencari tahu lokasi tempat wawancara diadakan beberapa hari sebelumnya agar bisa hadir tepat waktu pada hari wawancara.

• Minta petunjuak dari teman – teman di China. Mereka akan berbagi pengalaman denganmu dan menjelaskan perspektif orang China untuk dapat diterima dengan baik di lingkungan kerja di China.



Sumber: https://www.hotcourses.co.id


Artikel Belajar Mandarin Lainnya